'Jebreeet' Valentino Simanjuntak, Dan Video Composing oleh Eka Gustiwana

Diposting oleh STENLI ϟ pada 14:47, 30-Sep-13 • Di: Article , Free , Information , Sport

Jebreeet' Valentino Simanjuntak, Dan Video Composing oleh Eka Gustiwana

Fenomeal-Komentator-JEBRET-di-AFF-U19-20

Kemenangan Indonesia di final piala AFF U-19 yang mengalahkan Vietnam lalu turut membuat kata baru “jebret” oleh Valentino Simanjuntak. Sementara Kamus Besar Bahasa Indonesia belum mencatumkan kata “jebret”. Lalu, apakah kata “jebret” itu?

Editor bahasa, Suhardi mengatakan kata “jebret” merupakan tiruan bunyi atau onomatope benturan dua benda keras. “Jebret”, kata Suhardi, lebih cocok untuk tiruan sabetan seperti olahraga bulu tangkis, tapi juga sah untuk sepak bola. Jika Indonesia ada, dari Reporter TV Inggris biasa pakai kata ‘bang’,” ujarnya. “Jadi bahasa Indonesia itu lebih kaya kata.”

valentino%20simanjuntak%20@tempo.jpg

“Jebret” dipopulerkan oleh Valentino Simanjuntak, yaitu komentator di final piala AFF. Ia selalu meneriakkan kata “jebret” ketika tim nasional membuat gol. Valentino juga sering mengutip kalimat orang terkenal seperti Bung Karno. Gol kemenangan untuk juara Indonesia kemarin diiringi kalimat heroik Valentino. “Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku satu pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Dalam kolom bahasa di Tempo, Suhardi pernah menulis soal kekayaan bahasa Indonesia dalam cabang olang raga sepak bola. Sepak bola adalah olahraga yang keras, begitu banyak benturan tubuh antar pemain bisa dimaklumi jika pertandingan sepak bola kerap diwartakan sebagai pertunjukan kekerasan. “Maka, wartawan juga bebas bermain dengan kata-kata sendiri untuk melukiskan keadaan pertandingan, mengeksploitasi begitu banyak kata untuk menghasilkan efek tertentu, membuat situasi semakin seru.”

Bahkan tindakan kriminal yang dilarang hukum negara dan agama, seperti mencuri, merampas (bola), menipu (wasit), merampok (kemenangan), dan membunuh (tim lawan), itu sah-sah saja terjadi di lapangan sepak bola. Kata-kata “tabu” pun, seperti mengangkangi dan memerawani, bisa muncul dalam berita olahraga. Misalnya, “Vieira memerawani gawang Buffon” (karena belum satu pun pemain lawan yang bisa menggetarkan jala Italia). Dan semuanya dihimpun menjadi susunan bahasa yang indah oleh para pewarta.

Lalu bagaimana dengan kata“jebret” dan “jeger”? Suhardi menambahkan “jeger” dan “jebret” sangat mewakili emosi penonton yang sangat mengiginkan gelar AFF setelah 22 tahun. “Tak bermakna tapi orang bisa paham,” ujarnya.

Kata jebret tersebut, ujar Suhardi, berbeda dengan kata-kata Vicky Prasetyo, mantan tunangan Zaskia Gotik. Bahasa Vicky heboh karena menggunakan istilah seperti “harmonisasi”, “kudeta hati”, “labil ekonomi”. dan lainnya. Kata Suhardi, bahasa Vicky secara leksikal masih ada maknanya. “Tapi secara gramatikal kata-katanya kacau, sehingga pendengar tak paham kata tersebut.”

Mendengar Valentino Simanjuntak dan kata jebret seakan sudah menyatu. Saking populernya di berita-berita, Eka Gustiwana pun tertarik untuk membuat video speech composing-nya. Dan berikut video terbaru speech composing Eka Gustiwana yang mengangkat presenter bola kondang tersebut.

Lihat video "Jebreeet" Valentino Simanjuntak:

Sumber

Posting sebelumnya:
Cross Ganti Nama Evercoss, Siap Go Internasional

Keyword: 'Jebreeet' Valentino Simanjuntak, Dan Video Composing oleh Eka Gustiwana, Jebret, Kekayaan Bahasa Indonesia di Sepak Bola, Valentino Ucapkan "Jebret" Setiap 1,6 Menit, Jebret! Indonesia Juara Piala AFF U-19, Dunia Maya Dihebohkan Kata 'Jebreeet!' Ala Komentator AFF U-19, Valentino Simanjuntak, Si Jebret Ow Ow Ow, Jebret Gol AFF U-19 Heboh di YouTube, Teriakan Jebret Iringi Kemenangan Timnas U-19, Asal Mula 'Jebret ow-ow-ow' Valentino Simanjuntak.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

16 tanggapan untuk "'Jebreeet' Valentino Simanjuntak, Dan Video Composing oleh Eka Gustiwana"

sarilah pada 17:42, 30-Sep-13

wah ada nama jebret juga ya simanjuntak.aku kira jambret ternyata jebret.lol

Khabib Soleh pada 18:19, 30-Sep-13

Jebret kan bahasa indonesia berasal dari bahasa jawa "jebret mripate" biggrin

STENLI ϟ pada 18:28, 30-Sep-13

@sarilah,
Kalo jambret nanti di keroyok masa dong kang... smile

STENLI ϟ pada 18:30, 30-Sep-13

@Khabib Soleh,
Mripate yo loro no lek di jebret...

Alfian pada 18:49, 30-Sep-13

top markotop dah post nya


mampir di new post saya

Tumenggung 666 pada 19:44, 30-Sep-13

jebrett..ngakak tenan aku ndelok youtube'e iku

Anang Listanto pada 20:56, 30-Sep-13

lanjutkan gan..
nyimak aja pkoknya smile

ditunggu kunbalnya smile

Arie Rahwinie pada 00:54, 01-Okt-13

eka memang composer keren

lisa nel pada 05:18, 01-Okt-13

apsen kunjungan ...maaf cuma nyimak smile

selamat pagi..

STENLI ϟ pada 07:09, 01-Okt-13

@Tumenggung 666,
Yo kang...

STENLI ϟ pada 07:10, 01-Okt-13

@Arie Rahwinie,
Ya sob

oenyu pada 07:36, 01-Okt-13

jebreeetttt..

Lanjutkan sob..nice dah

STENLI ϟ pada 11:21, 01-Okt-13

@oenyu,
cheesy-grin wk wk wk

saliemeyrifin pada 13:12, 01-Okt-13

yang penting seru dan tidak menyalahi aturan... jebretttt biggrin

STENLI ϟ pada 18:37, 01-Okt-13

@saliemeyrifin,
Oke sob...

rian pada 10:12, 10-Nov-13

nyimak gan..di tunggu kunbal nya mrgreen

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar